Pencucian dan Perawatan

PENTING : Cucilah dengan mesin cuci popok anda sebelum pemakaian pertama

Kami tidak dapat cukup sering menekankan seberapa pentingnya mencuci popok dan insert baru anda setidaknya tiga kali sebelum pemakaian pertama. Ini akan memastikan daya serap kain dan akan membuat popok “mengembang”. Jika tidak melalui pre-wash, popok tidak akan menyerap urin dengan layak karena selama proses pembuatan, terdapat lapisan lilin pada kain. Cara pre-wash yang baik untuk popok adalah dengan mencucinya dengan pakaian biasa anda 3-4 kali. Hindari pelembut karena akan membentuk lapisan lilin pada cloth diaper yang akan menyebabkan popok meneruskan air bukannya menyerapnya. Deterjen Dynamo dan sebagian besar (jika tidak semua) deterjen bayi mengandung sedikit pelembut kain dan oleh karenanya tidak dapat digunakan untuk mencuci cloth diaper.

Jika anda memakaikan cloth diaper baru pada anak anda dan ia membasahinya, urin akan menetes dan keluar dari popok. Mesin cuci mengembangkan dan meringankan serat kain memaksimalkan penyerapannya. Sekali dilakukan, anda akan menyadari bahwa kencing bayi anda tetap dalam cloth diaper dan tidak bocor (seperti yang pertama).


Deterjen apa yang harus saya pakai?

Terdapat begitu banyak pilihan tentang deterjen mana yang terbaik untuk cloth diaper. Bagaimana anda tahu jika deterjen anda bekerja dengan baik? Cloth diaper anda akan beraroma bersih, menyerap cairan dengan cepat (sebagai kebalikan dari menolaknya) dan deterjen anda TIDAK akan menyebabkan bayi anda mengalami ruam popok.

Ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diingat saat memilih deterjen yang cocok untuk cloth diaper atau pakaian teknis*. Banyak deterjen mengandung tambahan, enzim dan minyak yang akan tertinggal di kain karena deterjen tersisa dan menciptakan masalah bagi anda. Ini karena ada ratusan merk yang tersedia di pasaran, dan setiap pabrik harus melakukan sesuatu yang “berbeda” untuk menonjol diantara yang lainnya. Ini tidak terjadi saat orang tua dan/atau kakek-nenek kita menggunakan cloth diaper, jadi kita harus lebih selektif ketika membuat pilihan sekarang.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih deterjen:

  • Bagi pengguna:
    • Deterjen tanpa ATAU rendah sisa
    • Tidak mengandung pewarna atau pewangi
    • Bebas bahan tambahan

  • Untuk popok:
    • TANPA pelembut pakaian
    • Bebas enzim
    • Bebas pemutih
    • Bukan deterjen berbasis sabun
    • TIDAK mengandung pencerah optik

  • Untuk lingkungan:
    • Bebas Fosfat
    • Dapat terurai secara biologis dengan baik

Menggunakan deterjen yang mengandung bahan diatas akan menyebabkan kerusakan pada popok anda termasuk bocor, kerusakan elastik dan kerusakan dini pada PUL. Ini juga berlaku pada kain atau pakaian teknis, seperti pakaian olahraga dengan kinerja berat, pakaian bersepeda, celana kompresi, jaket hujan anti air dan pakaian breathable lainnya. Sisa deterjen yang tertinggal cenderung menutup breathabilitas kain, beberapa akan menghambat penyerapan cairan. Ada sisa kimiawi yang bereaksi dengan tipe bahan yang akan menyebabkan pengeroposan dini atau bereaksi terhadap pemakai pakaian. Deterjen yang baik adalah yang meninggalkan sedikit sisa atau tanpa sisa sama sekali. Mohon JANGAN menggunakan “deterjen bayi” apapun, biasanya berbentuk cair, yang diformulasikan untuk tujuan lain.

Kita menggunakan Deterjen Country Save di rumah. Ini adalah deterjen yang direkomendasikan oleh banyak produsen cloth diaper lainnya juga. Kami menyukainya karena tidak hanya bagus untuk cloth diaper kami, tapi juga bagus untuk suami dan anak-anak saya yang rentan eksim karena tidak meninggalkan sisa pada cucian sama sekali.

Selain Country Save, anda dapat menggunakan deterjen bubuk lain yang murah, yang dijual di toko. Deterjen yang murah kemungkinan kecil menambahkan bahan tambahan yang menyebabkan masalah, seperti pencerah, enzim, pelembut pakaian, dll.

Bagaimana dengan penggunaan pemutih untuk mencuci cloth diaper?

Kami tidak merekomendasikan penggunaan pemutih sebagai bagian rutin pencucian biasa anda. Pemutih menghancurkan serat alami, termasuk kulit, dan dapat merusak sintetis modern seperti PUL, dan elastik. Juga, penggunaan pemutih akan menyebabkan garansi pabrik tidak berlaku sebagian dan seluruhnya.

Haruskah kita mensterilkan cloth diaper kita?

Anda tidak perlu mensterilkan cloth diaper. Kita tidak hidup dalam lingkungan yang benar-benar bersih, kita juga tidak berada dalam ruangan operasi. Yang diperlukan untuk mencuci cloth diaper adalah deterjen dan air. Ini cukup untuk menghilangkan sebagian besar mikroba, dan kecuali anda memiliki infeksi, anda hanya memerlukan ini. Cara lain untuk menghilangkan mikroba adalah dengan cahaya UV (mengeringkan dibawah sinar matahari).

Merawat cloth diaper Bumwear anda adalah mudah

Saya selalu merekomendasikan mencuci cloth diaper dengan mesin cuci. Beberapa ibu mungkin merasa bahwa mencuci tangan popok mereka akan membantu memperpanjang masa pakainya. Ini mungkin tidak 100% benar karena dua alasan:

• Kadang mencuci dengan tangan dapat menjadi penyebab bocornya popok. Alasannya adalah karena deterjen yang anda gunakan untuk mencuci cloth diaper dengan tangan mungkin tidak dengan baik terbilas dari popok. Jika anda benar-benar harus mencuci cloth diaper anda dengan tangan, mohon pastikan bahwa anda telah membersihkan seluruh deterjen dengan baik menggunakan jumlah air yang cukup atau anda akan mengalami kebocoran DAN popok yang bau di tangan anda.

• Beberapa ibu (atau pembantu mereka) menggunakan sikat plastik untuk membersihkan cloth diaper. Aduh!!! Bulu-bulu plastik tersebut dapat menyebabkan sobekan pada lapisan PUL. Jika PUL tergores, popok tidak lagi anti air. Jadi tolong jauhkan sikat plastik itu sejauh mungkin dari cloth diaper karena kita tidak akan bertanggungjawab atas pengrusakan popok dengan cara ini :-)

No brush !!

Berikut adalah cara yang mungkin ingin anda gunakan untuk membersihkan cloth diaper anda::

Setelah melepaskan popok kotor dari bayi anda, buang kotoran padat ke dalam toilet. Fleece hebat dalam melepaskan kotoran yang padat. Keluarkan insert, lalu bilas kotoran padat yang masih menempel pada popok; anda mungkin ingin menambahkan setetes hand soap saat anda membilas popok dan insert. Jika tidak diperlukan, kami sangat merekomendasikan penyemprot toilet mini untuk membilas kotoran popok. Semprot dengan lembut untuk membersihkan kotoran, lalu bilas berulang-ulang di ember popok atau mesin cuci.



Mini Toilet Spray

Untuk mempermudah membersihkan cloth diaper, kami selalu menggunakan nappy liner. Liner ini dapat dicuci dengan mesin cuci jika belum bayi belum buang kotoran diatasnya. Untuk bayi yang disusui penuh yang belum memakan makanan padat, anda mungkin ingin menggunakan 2 liner daripada satu untuk memastikan anda menampung kotoran yang cair.

Kami biasanya mencuci popok kami pada suhu sekitar 60 derajat celcius. Anda dapat menggantung popok Bumwear anda hingga kering (Matahari secara alami memutihkan noda!) atau meletakkannya di pengering pada suhu yang rendah!

Untuk penjelasan dengan gambar mengenai cara membersihkan cloth diaper Bumwear, silakan klik disini.

Beberapa Tips Penting::

Perawatan yang benar pada popok anda akan membuat popok anda terlihat & bekerja dengan baik. Berikut adalah daftar hal-hal yang dapat merusak popok anda & merusak kain sehingga popok bocor!

• Jangan menggunakan produk pemutih apapun. Pemutih meninggalkan sisa pada popok dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Juga merusak serat popok, memperpendek masa pakainya.

• JANGAN menggunakan Deterjen Bayi apapun. Popok kami cukup tangguh untuk dicuci dengan deterjen dewasa. Kami merekomendasikan melawan penggunaan deterjen bayi karena mengandung pelembut pakaian di dalamnya yang mungkin melapisi popok dan membuatnya kurang menyerap. Beberapa deterjen bayi juga mengandung enzim yang merusak lapisan pada popok, memperpendek masa pakainya.

• Jangan menggunakan pelembut pakaian. Pelembut akan melapisi popok membuatnya tidak menyerap cairan yang akan menyebabkan bocor! Beberapa bayi juga sensitif dengan sisa pelembut pakaian pada popok. Masalah yang sama mungkin terjadi jika anda menggunakan kertas pengering pada pengering anda. Jika anda mengalami kebocoran, cobalah keringkan dengan menggantung.

• Jangan menggunakan produk sabun alami seperti sabun gliserin murni. Sabun tersebut mungkin membersihkan serat, tetapi selaput tipis berminyak atau “buih sabun” tertinggal dalam fleece. Jika itu terjadi akan membuat urin sulit tembus melalui lapisan fleece ke insert.

• Jangan mencuci atau mengeringkan dengan PANAS atau SUHU TINGGI! Lapisan PUL (luaran anti air) hanya tahan pada suhu hangat atau suhu rendah! Jagalah masa pakai cloth diaper anda dengan mematuhi rekomendasi ini.

• Jangan menggunakan krim popok atau balsem dengan popok ini – ini akan meninggalkan sisa minyak pada fleece yang sangat sulit untuk dihilangkan. Jika anda ingin menggunakan krim karena ruam popok yang parah gunakanlah nappy liner untuk mencegah krim menempel di fleece.

Memecahakan masalah yang umum:

Popok bocor:

Saat anda menerima cloth diaper, cuci dan keringkan beberapa kali dengan air hangat. Popok baru memerlukan beberapa kali pencucian untuk menghilangkan minyak alami pohon sebelum memiliki daya serap. Cobalah meneteskan beberapa tetes air pada popok anda – apakah air tertahan di permukaan atau langsung terserap?

Jika tetesan air tertahan maka popok anda memerlukan beberapa kali cuci lagi dalam air panas atau hangat menggunakan deterjen.

Pertama yang menyebabkan kebocoran adalah popok yang jenuh yang hanya perlu diganti. Popok akan bocor jika sudah penuh. Jika bayi anda bermasalah dengan kebocoran, periksa dahulu ini. 99% dari semuanya, penyerap tambahan memecahkan masalah kebocoran. Jika tidak berhasil, kami telah menambahkan beberapa pemecah masalah lainnya dibawah ini.

Jika popok bayi anda bocor dari sekeliling kaki saat di dalamnya masih relatif kering, maka kemungkinan besar anda bermasalah dengan fleece yang menolak cairan. Untuk memastikannya, lakukan tes dengan tetesan air pada fleece seperti yang digambarkan diatas. Jika insert tidak jenuh maka popok mungkin tidak disesuaikan dengan benar atau, jika anda menggunakan deterjen yang mengandung tambahan, popok anda mungkin memiliki timbunan deterjen yang dapat menyebabkan kebocoran.

Bagaimana jika anda mencuci berulang kali – dan fleece tetap menolak air? Maka kemungkinan besar masalahnya adalah dengan deterjennya. Periksalah deterjen anda untuk melihat apakah mengandung pelembut pakaian. Pelembut pakaian bekerja dengan melapisi serat kain – dan lapisan ini dapat sangat menurunkan daya serap. Dynamo dan Persil tampaknya menyebabkan masalah ini. Loncatlah ke bawah ke bagian pencucian stripping pada popok untuk memecahkan masalah ini.

Popok yang bau

Popok kain harusnya tidak pernah bau. Jika popok anda berbau tidak sedap setelah dipakaikan, maka ada masalah. Biasanya masalahnya adalah timbunan deterjen. Kadang masalahnya adalah popok tidak cukup bersih. Ciumlah saat popok basah sedang dicuci atau setelah keluar dari pengering. Jika berbau, maka popok kurang bersih.

Jika berbau harum tapi berbau segera setelah dikencingi bayi anda, maka terdapat timbunan deterjen. Timbunan mengacu pada sisa yang ditinggalkan deterjen, pelembut pakaian, dan kandungan lain yang digunakan untuk membersihkan popok. Saran pertama yang akan berhasil untuk mengatasi kedua masalah diatas adalah dengan memastikan anda menggunakan cukup air pada mesin cuci anda dan ruang “kibasan” yang cukup untuk popok anda. Beberapa mesin cuci front loading tidak menambah cukup air untuk benar-benar merendam popok dan tidak akan bekerja dengan baik dalam membersihkannya. Menambahkan air ke dalam mesin cuci dapat memperbaiki masalah ini. Jangan melampaui kapasitas mesin cuci anda dengan popok atau popok tidak akan menjadi bersih. Popok memerlukan ruang “kibasan” :-)

Jika anda bermasalah dengan timbunan deterjen, maka sudah waktunya untuk mencuci stripping popok.

Cuci stripping untuk popok:

Popok sekali waktu perlu di stripping untuk menghilangkan sisa deterjen dan/atau pelembut yang tertinggal pada fleece. Isilah wastafel dengan air panas dan tambahkan sedikit deterjen cuci piring. Cuci popok dengan tangan, gosook fleece dengan kuat satu sama lain atau gunakan sikat piring dengan bulu medium atau sikat gigi dengan bulu hard untuk menggosok fleece. Balik bagian dalam dan ulangi pada sisi ini. Bilas dengan baik, pastikan air yang mengalir jernih. Untuk kembali memastikan seluruh deterjen telah terbilas, kami merekomendasikan untuk mencuci kembali popok dalam mesin cuci TANPA deterjen. Lebih baik jika anda tidak kembali menggunakan deterjen yang menyebabkan masalah tersebut.


Informasi toko
tentang kami
bayi bulan ini
ketentuan berbelanja
asal mula popok Bumwear
Informasi produk
menggunakan cloth diaper
cloth diaper untuk bayi baru lahir
mengapa menggunakan cloth diaper
mitos tentang cloth diaper
akun saya
lihat keranjang belanja saya
status pesanan
sertifikat hadiah
daftar hadiah
pelayanan pelanggan
hubungi kami di @ info@Bumwear.com Google+